Air Sungai Citarum Berubah Jadi Hitam Pekat di Musim Kemarau

Air Sungai Citarum Berubah Jadi Hitam Pekat di Musim Kemarau – Saluran Sungai Citarum beralih warna jadi hitam pekat pada musim kemarau. Air sungai itu keluarkan berbau busuk hingga dirasakan penduduk.

Senin (13/8/2018), di saluran Sungai Citarum yang ada di Kecamatan Kutawaringin, pada musim kemarau debet air berkurang serta menjadi hitam, berbuih, berminyak serta dipenuhi sampah. Berbau busuk tercium waktu melintas diatas Jembatan Citarum yang ada di Jalan Raya Kutawaringin-Soreang.

“Jika musim kemarau airnya jadi berbau busuk serta menghitam. Itu karena sampah pabrik yang dibuang langsung ke saluran sungai,” kata Bukti diri (45) masyarakat Kutawaringin waktu didapati di dekat jembatan.

Uden mengutarakan, beberapa pabrik yang berdiri di saluran Sungai Citarum, sering keluarkan sampahnya ke saluran sungai hingga membuat airnya tercemar.

“Ini terjadi lama. Tiap-tiap musim kemarau senang semacam ini,” katanya.

Uden memberikan, tidak hanya sampah pabrik, seringkali beberapa masyarakat yang tidak bertanggungjawab buang sampah rumah tangganya ke saluran sungai walau telah ada papan imbauan tidak untuk buang sampah ke sungai.

“Sampah rumah tangga banyak juga. Lihat saja itu ada yang menyangkut di kabel yang membentang diatas saluran sungai. Umumnya yang buang sampah ke sungai masyarakat yang memakai sepeda motor serta langsung melemparkan sampahnya ke sungai,” katanya.

Karena saluran Sungai Citarum beralih warna serta berkurang, airnya juga tidak bisa dipakai untuk mengairi pertanian.

“Jangankan dipakai masyarakat, buat pertanahan juga tidak dapat jika keadaan airnya semacam ini,” tutur Uden.

Masyarakat yang lain, Ujang (45) menyampaikan, karena pergantian warna sungai itu serta keluarkan berbau busuk, banyak lalat hinggap ke pemukiman masyarakat.

“Banyak lalat, berbau air nya tercium sampai ke pemukiman. Tidak nyaman, ya tetapi bagaimana lagi,” kata Ujang.

Tidak hanya di tempat itu, warna hitam pekat serta berbau juga berlangsung di saluran Citarum yang ada di lokasi Rancamayar Balendah serta Dayeuhkolot.