Home / Berita Umum / Apa Kehebatan Indonesia Di Asia Selain Sebagai Anggota ASEAN?

Apa Kehebatan Indonesia Di Asia Selain Sebagai Anggota ASEAN?

Kita sebagai warga negara Indonesia memang masih belum begitu tahu menahu akan apa yang sudah ditorehkan negara kita ini di kancah Internasional. Kebanyakan dari kita memang menilai kalau bangsa ini belum bisa memberika prestasi yang membanggakan di kancah Asia. Namun, mari saat ini kita mengulik sebentar apa saja kehebatan nusantara di Asia selali sebagai anggota ASEAN.

Perjalanan negara Indonesia di Asia Tenggara memang terkenal dengan perannya sebagai anggota dari ASEAN. Maklum, karena menilik dari posisi sebagai salah satu pencetus soal berdirinya lembaga ini di 8 Agustus 1967 sila di di ibukota Thailand, Bangkok. Bangsa Indonesia juga tak jarang memegang panggung kepemimpinan lembaga ASEAN ini. Ada juga beberapa ide yang muncul, macam aturan soal perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM), pembuatan komunitas keamanan se-Asia Tenggara, dan juga imbauan adanya pertunjukan budaya dalam kurun waktu setahun sekali.

Akan tetapi, sejatinya prestasi Indonesia tak selalu berada dalam ruanglingkup sebagai anggota ASEAN saja. Di kancah ekonomi, Indonesia adalah negara sebagai bagian dari anggota yang aktof di lembaga Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC). Lemabaga ini diketahui memfasilitasi terkait interaksi bisnis serta kebijakan ekonomi untuk perkembangan ekonomi berbagai negara Asia Pasifik. Kedudukan Indonesia mencuak di tahun 1994 silam, yakni saat berperan sebagai ketua serta sebagai tuan rumah pagelaran APEC tersebut.

About admin