Bentrok Antara Warga Dengan Satpam di Riau Dipicu Sengketa Lahan

Bentrok Antara Warga Dengan Satpam di Riau Dipicu Sengketa Lahan – Sekumpulan masyarakat bentrok dengan satpam satu perusahaan di Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Huli (Inhu), Riau. Bentrok yang pada akhirnya ditengahi kepolisian ini dipacu sengketa tempat.

“Benar, terjadi bentrok fisik pada penduduk Desa Talang 7 Buah di Kecamatan Rakit Kulim,” kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto dalam info tertulisnya, Rabu (19/12/2018).

Sunarto menuturkan momen ini berawal dari pekerjaan perusahaan pekerjaan penggalian yang memutuskan akses jalan kebun penduduk ke akses perusahaan pada jam 11.00 WIB.

Setelah itu, sambung Sunarto, pada jam 13.00 WIB, seputar 30 personil satpam mengawasi alat berat yang lakukan penggalian. Pemutusan akses jalan ini tidak di terima masyarakat.

“Ada 50 masyarakat yang mendatangi tempat penggalian jalan itu. Mereka hadir untuk hentikan kegiatan alat berat yang tengah kerja,” kata Sunarto.

Kedua pihak ikut serta bercekcok mulut serta selesai dengan bentrok. Personil satpam serta penduduk sama-sama jam.

“Satpam perusahaan alami luka robek dibagian kepalanya,” kata Sunarto.

Dari pihak penduduk, sambungnya, ada empat orang yang alami luka-luka. Atas peristiwa itu, tuturnya, Kapolsek Kelayang AKP Rinaldi Parlindungan menyarankan supaya kegiatan penggalian tubuh jalan di stop.

“Penghentian itu untuk menghadapi terjadinya bentrok susulan,” kata Sunarto.

Kepolisian minta kedua pihak saling meredam diri untuk menahan beberapa hal yang melanggar hukum.