Home / Uncategorized / Computer Ini Memakai 10 Juta Core Processor Buat Penelitian Antariksa

Computer Ini Memakai 10 Juta Core Processor Buat Penelitian Antariksa

Computer Ini Memakai 10 Juta Core Processor Buat Penelitian Antariksa – Ilmuwan asal Cina menguji superkomputer untuk buat virtual antariksa paling besar yang sempat ada, akhir minggu kemarin. Pengujian ini, menurut tim ilmuwan, adalah pemanasan untuk computer mutakhir yang mereka sebut Sunway Taihulight. Computer ini memakai 10 juta core processor.

” Dari simulasi ini Anda dapat saksikan bagaimana alam semesta lahir, ” kata Gao Liang, ilmuwan Kepala Group Komputasi Kosmologi di Chinese Academy of Sciences, seperti ditulis situs berita South China Morning Post, Senin, 31 Juli 2017.

Simulasi virtual antariksa yang di buat ilmuwan Cina ini cuma dapat jalan sepanjang satu jam. Sebatas perbandingan, Juni lantas, simulasi sama sempat di buat oleh tim ilmuwan dari Kampus Zurich, Swiss, serta dapat jalan sepanjang 80 jam.

Meskipun demikian, simulasi tim Cina ini memanglah memiliki ukuran lima kali semakin besar daripada yang diperkembang ilmuwan Zurich. Pastinya, ini satu prestasi yang mengagumkan untuk dunia sains di Cina.

Liang menyebutkan, simulasi lahirnya antariksa serta galaksi-galaksi di dalamnya ini di buat untuk menolong beberapa paka astronomi mencari daerah yang paling punya potensi untuk di teliti lebih mendalam. ” Juga mencari tahu benda misterius di antariksa : dark matter serta dark energy, ” katanya.

Simulasinya, Liang menceritakan, jalan begitu seru. Dari sana kita dapat saksikan bagaimana galaksi-galaksi di alam semesta terwujud serta mengekspansi setiap pojok jagat sepanjang beberapa puluh juta th. sesudah Big Bang.

Sayangnya, di dalam serunya simulasi, computer mesti selekasnya dimatikan. Liang menerangkan, superkomputer ini memanglah masih tetap mempunyai kekurangan tidak dapat bekerja dengan kemampuan penuh.

” Mesti diistirahatkan dahulu sebelumnya digunakan kembali, ” tutur dia. ” Kami mesti dapat temukan langkah untuk mengoptimalkan kemampuan Sunway. “

Alam semesta kita, kata Liang, berusia sekitaran 13, 8 miliar th.. Untuk dapat lihat hingga sana dengan superkomputer, mesti menanti Sunway generasi setelah itu. Berarti, dia menerangkan, computer itu mesti mempunyai kecepatan 10 kali lipat daripada Sunway. ” Serta mungkin saja baru dapat terwujud pada 2019, ” katanya.

About admin