Home / Berita Umum / Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah

Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah

Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah – Peristiwa gempa bumi serta tsunami di Sulawesi Tengah tersisa banyak pelajaran. Diantaranya berkaitan usaha mitigasi struktural di daerah riskan gempa. Pelajaran ini dapat diaplikasikan di semua Indonesia, sebab hampir lokasi masuk dalam daerah riskan bencana atau ring of fire.

Pelajaran pertama ialah pilih rangka atap serta genting yang pas untuk lokasi riskan gempa. Laporan Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan, bangunan di lokasi Donggala biasanya memakai rangka atap baja. Akan tetapi genteng yang dipakai memiliki bahan keramik yang gampang jatuh jika ada guncangan.

” Bila memakai rangka baja semestinya pakai genting multiroof yang disekrup, hingga tidak gampang jatuh serta memunculkan cedera, ” kata Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Ahmad Yurianto, Sabtu (29/9/2018) .

Pelajaran setelah itu janganlah menyimpan barang berat diatas perlengkapan rumah tangga, contoh almari. Sama dengan penentuan genting, perihal ini untuk menahan terjadinya cedera kepala jika ada guncangan karena gempa. Ahmad menyampaikan, cedera kepala ialah salah satunya yang sangat banyak dihadapi korban gempa serta tsunami. Cedera ini mesti selekasnya diakukan sebelum jadi infeksi atau meneror keselamatan korban.

Ahmad juga merekomendasikan tidak bangun ruangan dibawah tangga. Ruangan kosong ini sering dipakai menjadi tempat berlindung saat berlangsung guncangan. Mengakibatkan, korban tidak dapat selamatkan diri waktu tangga mulai roboh. Pendapat yang lain ialah tidak tempelkan barang yang sangat berat pada dinding rumah. Dinding dengan beban yang sangat berat beresiko cepat roboh karena goncangan atau terjangan air.

Sekarang ini perlakuan pada korban gempa di Donggala serta tsunami di Palu, Sulawesi Tengah selalu berjalan. Perlakuan masih tetap konsentrasi pada penelusuran serta evakuasi korban secepat-cepatnya. Langkah ini untuk mendesak angka kematian serta infeksi pada korban bencana alam

About admin