Hujan Batu Dari Dalam Lapas Sigli Senantiasa Menuju Ke Petugas

Hujan Batu Dari Dalam Lapas Sigli Senantiasa Menuju Ke Petugas – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum serta HAM (Kemenkumham) masih memahami motif serta yang menimbulkan beberapa tahanan mengamuk serta melaksanakan pembakaran di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sigli, Aceh, Senin (3/6) .

” Sekarang petugas Rutan Sigli, team Kanwil Kemenkumham Aceh dibantu petugas kepolisian tengah menangkal kondisi biar kegaduhan tak meluas, ” kata Kepala Sisi Humas Direktorat Jenderla Pemasyarakatan, Ade Kusmanto lewat pesan singkat, Senin (3/6) .

Ade belum bisa meyakinkan pembawa kegaduhan yg berakhir pembakaran lapas. Hingga sekarang faksinya pun belum memperoleh kabar ada tahanan rutan sigli yg melarikan diri.

Pengamatan di lapangan, sampai sekarang banyak tahanan masih melempari petugas dengan batu dari dalam Lapas.

Tahanan Mengamuk Dikira Melakukan Pembakaran Lapas PidieKerusuhan Rutan Sigli. (Dok. DitjenPas Kemenkumham)

” Awas-awas, jangan sampai mendekat dilempari dengan batu oleh Tahanan dari dalam Lapas, ” kata petugas kepolisian yg tengah menyelamatkan pemadaman Lapas Kelas IIB Pidie di area.

Hujan batu dari dalam Lapas senantiasa menuju ke petugas penyelamatan ataupun petugas pemadaman di luar Lapas. Walaupun dilempari batu, akan tetapi tak membuat surut petugas melaksanakan pemadaman serta semua petugas tampak memanfaatkan helm.

” Semua tahanan masih ada dalam Lapas, ” kata Kapolresta Pidie, Ajun Komisaris Besar Andy Nugraha Setiawan Siregar singkat di muka Lapas Kelas IIB, Blang Paseh, Kabupaten Pidie, Aceh.

” Meminta bersabar kami tengah repot, ” Andy Nugraha di celah penyelamatan Lapas Kelas IIB Pidie.