Jika Tersengat Listrik Inilah Pertolongan Pertamanya

Jika Tersengat Listrik Inilah Pertolongan Pertamanya – Sengatan listrik adalah satu diantara kecelakaan yang seringkali didapati diantara kita. Sekitaran 1000 kematian karena sengatan listrik berlangsung tiap-tiap tahunnya, dimana luka karena sengatan listrik mengakibatkan angka kematian sebesar 3-5% atau 3-5 kematian dari tiap-tiap 100 peristiwa.

Masalah ini dapat berlangsung di lingkungan kerja pada seorang dewasa, di lingkungan tempat tinggal pada anak-anak, bahkan juga di jalan seperti masalah sekian waktu lalu dimana seseorang pemakai jalan tersengat listrik dari kabel yang terbuka.

Sebagian penyebabnya paling umum dari sengatan listrik yaitu :

– Kontak dengan alat-alat listrik atau kabel yg tidak terlapisi oleh konduktor.
– Sambaran listrik dari kabel listrik tegangan tinggi.
– Sambaran petir.
– Kontak dengan mesin atau alat-alat dalam lingkungan kerja.

Dibanding dengan luka bakar yang lain, sengatan listrik lebih beresiko karna luka yang tampak di permukaan kerapkali tidak melukiskan keadaan sesungguhnya dari korban.

Badan manusia adalah penghantar listrik baik, yang bermakna kalau jika manusia tersengat listrik, jadi listrik dapat dihantarkan ke semua badan hingga rusaknya yang berlangsung dapat begitu luas.

Kerapkali rusaknya paling besar berlangsung pada jaringan saraf, pembuluh darah, serta otot. Hal semacam ini dikarenakan oleh resistensi organ itu yang lebih rendah sesuai sama hukum Ohm.