Home / Berita Umum / Penguatan Nilai Tukar Rupiah Terus Berlanjut

Penguatan Nilai Tukar Rupiah Terus Berlanjut

Kabar baik dari sektor ekonomi, dimana kondisi nilai tukar mata uang garuda terhadap dollar AS semakin menguat. Usai pekan lalu, kondisi rupiah melemah secara cukup signifikan, saat ini rupiah kembali menguat dengan signifikan juga. Hal ini sangat bagus, karena menarik banyak investor untuk balik ke Indonesia lagi. Situasi ini diharapkan biasa berelanjutan, dan tak hanya sesaat saja.

Nilai tukar rupiah mengacu pada kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) di hari Rabu yakni senilai Rp 14.065 per dollar AS, menguat cukup signifikan dari situasi sehari sebelumnya yang mana rupiha berada di Rp 14.382 per dollar AS. Tanggal 2 Oktober silam, jumlah tukar rupiah diketahui berada di titik Rp 14.709 per dollar AS. Bahkan, tanggal 16 September lalu nilai tukar rupiah mampu menyentuh angka Rp 14.728 per dollar AS yang dianggap paling buruk.

Di pasar spot, mata uang garuda ini bahkan sempat mencapai angka Rp 13.911 per dollar AS. Lana Soelistianingsih selaku Kepala Ekonom dan Riset PT Samuel Aset Manajemen pun menyebut, kalau ini dalah sebuah momen yang bagus untuk pemerintah serta Bank Indonesia.

“Momen bagus ini harus dijaga agar penguatan nilai tukar rupiah ini bisa berlanjut lama. Pemerintah harus meneruskan paket kebijakannya, adapun BI diharapkan bisa mengintervensi pasar ketika situasi sedang positif seperti ini,” ujar Lana.

About admin