Home / Uncategorized / Tanggap Bencana Apel Siaga

Tanggap Bencana Apel Siaga

Tanggap Bencana Apel Siaga – Antisipasi bencana, Polda Sulawesi Selatan, Tubuh Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pihak berkaitan mengadakan apel kesiagaan personil di Mapolda Sulsel. Kapolda Sulsel, Irjen Umar Septono memimpin segera apel kesiapan yang dibarengi beberapa ratus personil serta sebagian kendaraan kebencanaan dari TNI, Polri serta Basarnas.

Umar mengharapkan, info bencana dapat lebih cepat dikoordinasikan supaya personil dapat lebih cepat bergerak.

” Perkiraannya terburuk, tapi kesiapannya maksimal, kita berdoa supaya Sulsel ini tak ada bencana. Kita mengecek kesiapan semuanya personil untuk menghadapi peluang terburuk, ” kata Umar, Kamis (14/12/2017) .

Diluar itu, Kapolda juga menghadapi keperluan personil yang juga akan diperbantukan ke daerah bencana beda, seperti korban erupsi gunung Agung di Karangasem Bali. Menurut dia, timnya siap, bila disuruh untuk diterjunkan ke daerah manapun untuk mengatasi bencana.

” Kita menginginkan tiap-tiap bencana ini dapat dideteksi dengan awal, supaya perlakuannya dapat lebih maksimal. Diluar itu, kita juga menyiapkan personil bila setiap saat diperlukan untuk diterjunkan ke lokasi bencana, ” lanjutnya.

Disamping itu, Kepala Seksi Operasional Basarnas Makassar, Basri menyebutkan, pihaknya telah meletakkan tim jadi posko antisipasi bencana di banyak wilayah termasuk juga di tempat wisata alam.

” Jauh hari kami telah buat posko siaga bencana di banyak wilayah yang riskan bencana, termasuk juga tempat wisata alam. Ini kita kerjakan supaya perlakuan bencana dapat lebih cepat, ” terangnya.

Selama ini, Basarnas selalu bekerjasama dengan pihak BMKG untuk memonitor lokasi yang riskan bencana. Banyak wilayah, ia katakan riskan bencana seperti Palopo, Toraja, Luwu serta Pangkep.

” Diperkirakan bencana alam seperti longsor, banjir serta angin puting beliung berlangsung di banyak wilayah yang riskan bencana. Tim kami juga telah disiagakan di lokasi itu, ” ujarnya.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *