Home / Berita Umum / Terkait Revisi UU KPK, Pansel Mengaku Kecewa

Terkait Revisi UU KPK, Pansel Mengaku Kecewa

Beberapa hari terakhir ini, memang sedang gencar kabar terkait rencana revisi UU soal KPK yang mana diyakini oleh sejumlah orang revisi ini malah justru melemahkan, tidak menguatkan lembaga pemberantas kerupsi tersebut. Banyak orang yang kecewa dengan rencana revisi UU KPK ini, salah satunya adalanya PANSEL. Entah apa gagasan yang dimliki oleh DPR saat ini, sehingga berniat untuk merevisi UU KPK ini.

Betti Alisjahbana selaku anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) tahun 2015 ini kecewa dengan adanya usulan dari DPR RI untuk merevisi UU Nomor 30 Tahun 2002 soal kewenangan KPK. Betti beranggapan, bahwa KPK bakal semakin lemah jikalau revisi UU tersebut berhasil diundangkan oleh DPR.

Betti juga menyatakan, kalau kekhawatirannya itu hadir usai ia menerima salinan draf RUU KPK. Ia merasa, bahwa ada yang nampak janggal dengan usulan untuk membatasi masa kerja KPK, kewenangan, dan juga membatasi kasus dugaan korupsi yang mampu ditindak lanjuti oleh lembaga anti rasuah tersebut.

“Kekhawatiran saya terkait revisi ini bakal membuat KPK menjadi lebih lemah dan usai untuk memberantas korupsi mengarah ke kemunduran,” ujar Betti, pada harian Kompas.com, Kamis tadi siang. “Kita memerlukan adanya KPK yang tangguh untuk koordinasi dan supervisi instasi yang berwenang guna melakukan gerakan pemberantasan tindakan rasuah,” tambahnya.

About admin