Home / Berita Umum / Uang Jemaah Haji Dipakai Suryadharma Berangkatkan Istri Ke Mekkah

Uang Jemaah Haji Dipakai Suryadharma Berangkatkan Istri Ke Mekkah

Kasus lama, bahwa Suryadharma Ali terjerat kasus korupsi dengan jumlah uang yang banyak dalam masa jabatannya sejak sebagai Menteri Agama. Suryadharma diketahui telah mengkorupsi uang jemaah haji. Dan laporan terkini, bahwa dirinya juga memberangkatkan haji sang istri dengan menggunakan uang dari jemaah haji, bukan miliknya sendiri.

Ahmad Kartono selaku eks Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Kementerian Agama berkata, bahwa mulai tahun 2012 ada istilah pendamping amirulhaj pada penyelenggaraan ibadah haji. Dia merasa, kalau pendamping amirulhajĀ hadir usai adanya surat Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan Kemenag kepada Dirjen Haji Slamet Riyanto untuk memasukkan tujuh nama sebagai pendamping Menteri Agama yang ketika itu diprakarsai oleh Suryadharma Ali.

“Berdasar surat Saefuddin selaku Kabag TU Pimpinan kepada Dirjen Slamet. Dirjen pn mengungkapkan ini surat resmi dari menteri agama,” kata Ahmad di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, hari Jumat kemarin. “BPIH itu sumbernya dari mana? APBN atau calon jemaah haji kita?” tanya sang hakim kepadanya. “Dari uang calon jemaah haji,” jawab Ahmad.

Ahmad pun berkata, kalau salah satu dari tujuh nama yang dipilih yakni istri Suryadharma, Wardatul Asriah. Ahmad menyatakan, lantaran pendamping amirulhajĀ baru dipraktekkan, maka biayanya tak ditanggung dengan anggaran pendapatan serta belanja negara.

About admin